Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Internet Lengkap

Sejarah internet - Apa itu internet? Saat ini internet merupakan sesuatu yang sangat penting. Sejarah internet bermula pada tahun 60an. Perkembangan internet pun terus meningkat sampai di kala modern. Sejarah perkembangan internet menjadi hal yang sangat penting dan berkaitan dengan pesatnya teknologi dan komunikasi. Kali ini akan dibahas mengenai sejarah singkat internet dan perkembangan internet di dunia selengkapnya.

Pengertian Internet


Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking. Hal tersebut berarti seluruh jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung memakai standar sistem global TCP/IP. TCP/IP berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani seluruh user di seluruh dunia, yang terhubung melalui sistem antarjaringan. 

Di kala modern ketika ini, susukan internet sudah menjadi hal yang penting. Hal tersebut dapat membantu pekerjaan kita, berinteraksi dengan teman di sosial media, berkirim pesan lewat e-mail, mencari informasi dengan cepat, serta hal dan keperluan lain, baik yang penting maupun refreshing. 

Meski begitu internet mempunyai sejarah panjang dari kala dulu sampai dapat diakses dengan gampang menyerupai sekarang. Awalnya dimulai pada kala 1960-an, sampai berkembang di kala 90-an. Berikut akan kami tampilkan wacana informasi sejarah singkat internet dan awal mula perkembangan internet secara detail sampai sekarang.

 Saat ini internet merupakan sesuatu yang sangat penting Pengertian dan Sejarah Perkembangan Internet Lengkap

Sejarah Internet


1960-an

Internet awalnya merupakan sebuah jaringan komputer yang dibuat pada 1969. Jaringan tersebut dibuat oleh forum Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek yang disebut ARPANET. Dalam proyek ini, mereka memperagakan cara berkomunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon dengan santunan hardware dan software komputer dengan basis UNIX. Proyek ini kemudian menjadi awal mula dari pembentukan sebuah protokol gres yang dikenal sebagai TCP/IP.

1970-an

ARPANET diperkenalkan secara publik pada 1972. Setelah itu, proyek ini berkembang pesat di seluruh dunia. Negara-negara lain pun ingin bergabung sehingga. Akhirnya, ARPANET dibagi menjadi dua, yakni ARPANET dan MILNET. Khusus untuk MILNET hanya berfungsi untuk keperluan bidang militer. Sedangkan ARPANET berfungsi untuk bidang non-militer. Keduanya bergabung dan dikenal dengan nama DARPA Internet, yang hasilnya disingkat menjadi Internet.

1980-an

Tahun 1979 bangun newsgroup pertama berjulukan USENET. Di tahun 1981 gebrakan gres tercipta dengan munculnya telepon televisi pertama. Sistem protokol TCP/IP mulai juga diperkenalkan tahun 1982 seiring dengan makin banyaknya koneksi jaringan yang terbentuk. Pada 1984 sistem domain pertama diperkenalkan atau yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Pada 1989 tak kurang dari 100.000 komputer terhubung ke jaringan.

1990-an

Pada tahun 1990 sebuah terobosan gres kembali dibuat. Tim Berners Lee menemukan sebuah aktivitas editor dan browser yang dapat dipakai untuk menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang kemudian disebut dengan www, atau World Wide Web. Hal ini kemudian diikuti dengan munculnya situs lain yang mencapai ribuan halaman dalam kurun beberapa tahun saja. Selain itu sistem komunikasi lewat e-mail dan virtual-shopping juga mulai populer.


Itulah informasi singkat mengenai klarifikasi dan sejarah internet di dunia lengkap dan awal mula dibentuknya sampai di kala modern kini ini. Saat ini hal tersebut memang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari kita. Sekian info artikel sejarah internet dan perkembangan internet selengkapnya, biar informasi tersebut dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Internet Lengkap"

Posting Komentar