Mengenal Pohon Kelapa, Pohon Seribu Manfaat

Mengenal Pohon Kelapa, Pohon Seribu Manfaat

Mengenal Pohon Kelapa, Pohon Seribu Manfaat Pohon kelapa merupakan salah satu tanaman dari keluarga aren yang gampang dijumpai di mana Anda berada, khususnya di pesisir pantai kerap Anda temui tanaman ini. Dengan bentuk batang yang beruas-ruas, tinggi menjulang, batangnya sedikit melengkung dan mempunyai akar serabut, ternyata pohon kelapa mempunyai bermacam-macam manfaat yang bisa dimanfaatkan insan mulai dari daun hingga akarnya. Karena keuntungannya yang sangat banyak itulah membuat pohon ini sering disebut sebagai pohon seribu manfaat.

Pohon kelapa merupakan pohon yang menghasilkan buah berbentuk lingkaran dan terdapat semacam cairan dan daging buah di dalamnya yang membuat buah kelapa sering dikonsumsi oleh kita, entah itu sebagai bumbu masak ataupun pembuatan minuman es kelapa yang segar. 

Namun perlu diketahui bahwa satu pohon kelapa mempunyai "seribu" manfaat di dalamnya, maka dari itu Anda jangan hanya memanfaatkan belahan buahnya saja, masih ada belahan lain yang berkhasiat dari pohon ini. Berikut manfaat pohon kelapa :

1.) Sebagai Bahan Bangunan
Kehadiran akar dan batang pohon kelapa ternyata bisa dimanfaatkan di sebagai materi material. Teknsturnya yang kokoh dan tahan usang bisa menggantikan tugas kayu untuk materi bangunan.

Selain dijadikan materi bangunan, batang pohon kelapa juga dimanfaatkan sebagai desain interior rumah menyerupai : lantai, dinding, langit-langit, pintu, jendela, meja dan lain-lain.

2.) Meredakan Gejala Demam
Akar pohon kelapa mengandung senyawa yang bisa menurunkan suhu tinggi bagi penderita demam. Anda bisa membuat obat herbal ini dengan cara menumbuk beberapa pohon kelapa kering, kemudian direbus memakai air panas. Air itulah yang nantinya akan diminum bagi penderita demam.

3.) Mengobati Penyakit Wasir dan Penyakit Pencernaan Lainnya
Selain sanggup meredakan demam, akar pohon kelapa juga mengandung senyawa yang bisa meredakan tanda-tanda wasir/ambeien. Sementara itu, pada belahan daging buah kelapa terkandung senyawa yang bermanfaat menyembuhkan penyakit pencernaan menyerupai diare, disentri, maag, typus atau konstipasi.

4.) Menghasilkan Berbagai Kerajinan Tangan
Manfaat akar pohon kelapa tak hingga di situ saja, di tangan orang-orang kreatif sesuatu yang kurang dihargai bisa dirubah menjadi sebuah karya yang mempunyai harga jual tinggi. 

Seperti halnya dengan kerajinan tangan yang dibentuk dari akar, sabut dan tempurung kelapa. Walaupun belahan tersebut dihargai dengan harga murah, namun sesudah dirubah menjadi kerajinan, harganya bisa berkali lipat. 

Biasanya kerajinan yang dihasilkan menyerupai : gelang, kalung, boneka, kasur, keset, alat pencuci piring, tali, tas, dompet, sendok sayur, aneka souvenir, topi dan aneka macam kerajinan rumah tangga lainnya. Dengan pemanfaatan pohon kelapa bisa meningkatkan sisi perekonomian masyarakat.

5.) Bahan Pembuatan Kulit Ketupat
Ketika menghadapi hari-hari besar menyerupai hari Raya Idul Fitri, Idul Adha hingga hari perayaan agama lainnya, kehadiran ketupat menjadi kuliner utama di dalamnya. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa daun ketupat tersebut dibentuk dari susunan daun pohon kelapa muda yang masih berwarna hijau atau kuning. Penggunaan daun kelapa dinilai lebih abadi dan memperlihatkan aroma lebih berpengaruh daripada daun pisang atau yang sejenisnya.

6.) Mengatasi Gejala Dehidrasi
Dehidrasi merupakan kondisi seseorang mengalami kekurangan cairan dalam badan dikarenakan asupan cairan yang keluar terlalu banyak dibandingkan dengan asupan cairan yang masuk. 

Walaupun terkesan sepele, namun penyakit ini termasuk penyakit berbahaya di dunia lantaran sudah merenggut setidaknya 700.000 anak setiap tahunnya. Untuk itu penuhi asupan cairan Anda dan bila perlu konsumsi air yang terdapat pada buah kelapa. 

Air pada buah kelapa mengandung ion dan elektrolit yang bisa mengembalikan cairan badan yang hilang, sehingga badan Anda akan terhindar dari dehidrasi.

7.) Sebagai Bumbu Masakan (Penyedap Masakan)
Apa yang akan terjadi kalau kuliner tidak memakai embel-embel santan di dalamnya ?? Pasti rasanya kurang bukan ?? 

Oleh lantaran itu, belahan daging buah kelapa sering dimanfaatkan dalam bumbu masakan, contohnya pembuatan santan. 

Masakan populer menyerupai : rendang, opor, kolak, pindang, soto ayam, kikil santan dan kuliner lainnya selalu menambahkan santan di dalamnya untuk membuat cita rasa berbeda.

8.) Menyehatkan Organ Jantung Dan Menghindarkan Diri Dari Penyakit Kardiovaskuler
Penyakit kardiovaskuler menyerupai penyakit jantung dan stroke disebabkan lantaran penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol jahat (lemak tak jenuh). 

Sementara pada minyak kelapa mengandung kolesterol baik (lemak jenuh) yang bisa membersihkan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga resiko terkena penyakit jantung bisa dicegah sedini mungkin dengan rutin memakai minyak kelapa di setiap masakan.

9.) Sebagai Pembuatan Arang
Kendati di zaman kini orang-orang sudah memakai kompor gas, namun penggunaan kompor tungku masih bisa Anda lihat di beberapa toko makanan.

Mereka menganggap kalau memasak di kompor tungku lebih menambah cita rasa daripada memakai kompor gas. Kompor tungku merupakan kompor tradisional yang memerlukan materi menyerupai kayu dan arang untuk membuat api yang tahan lama.

Ternyata belahan tempurung kelapa bisa dijadikan arang untuk memasak di kompor tungku. Tak hanya itu, tempurung kelapa dinilai lebih abadi dan memperlihatkan aroma sedap pada kuliner daripada kayu bakar pada umumnya.

10.) Bahan Pembuatan Alkohol dam Cuka
Pada belahan bunga kelapa yang mulai mekar ternyata sanggup dimanfaatkan untuk pembuatan alkohol dan cuka. Biasanya, bunga kelapa yang ingin diolah menjadi alkohol dan cuka harus mempunyai warna cerah/kuning dan beraroma manis.

Itulah 10 manfaat pohon kelapa yang perlu Anda ketahui. Memang benar bahwa pohon kelapa disebut-sebut pohon seribu manfaat, lantaran semua belahan dari pohon ini mulai dari daun hingga akarnya terkandung manfaat luar biasa di dalamnya. 

Referensi = https://manfaat.co.id/manfaat-pohon-kelapa
Sumber Gambar : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Pohon Kelapa, Pohon Seribu Manfaat"

Posting Komentar