5 Perkara Korupsi Paling Menghebohkan Di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak. Ya, hampir tiap tahun media media selalu mengabarkan kasus korupsi yang seakan tidak ada hentinya. Korupsi sendiri merupakan tindakan menyalahgunakan kepercayaan dan jabatan untuk mengambil laba secara sepihak, dalam hal ini tentu saja laba berupa uang. Kasus korupsi tentu akan merugikan keuangan negara, bukan hanya jutaan tapi sudah mencapai miliaran atau bahkan trilliunan. Nama nama pejabat pemerintahan menjadi yang paling rentan melaksanakan tindakan haram ini. Semakin tinggi jabatan juga semakin besar godaan untuk melaksanakan korupsi.


Sejumlah kasus korupsi atau kasus suap menjadi tontonan menarik di media massa. Mulai dari penetapan awal, proses persidangan hingga vonis hakim, kesemuanya sanggup menjadi gosip dan headline yang menarik perhatian, baik di koran, TV atau gosip di internet. Sejumlah nama nama koruptor pun secara tidak pribadi menjadi terkenal, sebut saja ibarat Gayus Tambunan, Anas Urbaningrum, Angelina Sondakh atau Muhammad Nazaruddin. Mereka pun seakan menjadi selebritis yang selalu disorot selama masa persidangan.

Untuk mengatasi korupsi di Indonesia, dibentuklah forum independen khusus KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi. Diharapkan KPK sanggup menguak tiap dugaan suap dan korupsi yang terjadi di negeri ini. Meski begitu, kinerja KPK dirasa masih belum maksimal seiring dengan banyaknya kasus yang tidak terselesaikan dan seakan hilang alasannya tidak menemui titik terang. Berikut akan kami tampilkan list 5 kasus korupsi paling heboh yang pernah terjadi di Indonesia.


Kasus Bank Century

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak 5 Kasus Korupsi Paling Menghebohkan di Indonesia

Kasus korupsi bank Century merupakan salah satu kasus korupsi yang menghebohkan di Indonesia. Kasus ini terjadi sekitar tahun 2009 kemudian dan diperkiran merugikan negara sebanyak trilliunan rupiah. Terdapat banyak nama yang terlibat dan terseret dalam skandal bank Century ini, mulai dari Robert Tantular, Boediono, Miranda S Goeltom, Budi Mulya, Siti Fadjriah, Hartadi Agus Sarwono, Hermanus Hasan Muslim dan lain-lain. Belum ada kejelasan hingga kini dari KPK mengenai titik terang kasus sini.

Kasus Proyek Hambalang

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak 5 Kasus Korupsi Paling Menghebohkan di Indonesia

Kasus Hambalang menjadi kasus korupsi yang sempat booming di Indonesia. Kasus ini merupakan kasus suap untuk pembangunan proyek wisma atlet Hambalang yang dipakai untuk SEA Games. Beberapa nama yang ditengarai terlibat dalam proyek audit Hambalang di antaranya ialah Anas Urbaningrum, Muhammad Nazaruddin, Andi Mallarangeng, Angelina Sondakh, Deddy Kusdinar dan masih banyak lagi pejabat yang lainnya yang juga terlibat.

Kasus Penggelapan Pajak Gayus

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak 5 Kasus Korupsi Paling Menghebohkan di Indonesia

Kasus pajak Gayus Tambunan sempat menjadi tren di Indonesia sepanjang tahun 2010. Ia pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka dengan sanksi 7 tahun penjara. Gayus kemudian menjadi figur yang terkenal hingga sampai ada lagu tentangnya berjudul 'Andai Aku Gayus Tambunan' karya Bona Paputungan.  Lagu itu menceritakan kehidupan Gayus yang lezat di penjara, dimana ia masih sanggup jalan-jalan dengan menyuap aparat, salah satunya dimana ia masih sanggup menonton pertandingan tenis di Bali meski masih menjalani masa hukuman.

Kasus BLBI

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak 5 Kasus Korupsi Paling Menghebohkan di Indonesia

Kasus BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia) terjadi sekitar simpulan 90an. BLBI sendiri merupakan derma yang diberikan Bank Indonesia pada bank bank yang terkena dilema likuiditas ketika krisis moneter di Indonesia tahun 1998 lalu. Kasus korupsi ini melibatkan beberapa nama pejabat ibarat Paul Sutopo Tjokronegoro, Hendro Budiyanto, Heru Supratomo dan lain-lain.

Kasus korupsi keluarga Soeharto

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak 5 Kasus Korupsi Paling Menghebohkan di Indonesia

Sudah bukan diam-diam lagi bahwa Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto terlibat kasus korupsi yang merugikan uang kas negara sebanyak triliunan rupiah. Kasus korupsi ini dilakukan dengan mengalirkan dana ke 7 yayasan yang dibuat oleh Suharto. Sejumlah nama pejabat termasuk dari jajaran keluarga Suharto juga banyak yang terlibat dalam kasus ini.


Itulah info mengenai 5 kasus korupsi di Indonesia yang paling besar dan menghebohkan masyarakat di Indonesia. Tentu sebagai warga negara yang baik, kita harus turut serta dalam upaya pemberantasan korupsi. Para koruptor yang memang terbukti bersalah pun diperlukan sanggup dieksekusi sesuai proses peradilan yang baik dan benar tanpa adanya perlakuan khusus. Sekian gosip nasional kali ini.


(CepatLambat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Perkara Korupsi Paling Menghebohkan Di Indonesia"

Posting Komentar