Gaya Hidup Digital Di Kurun 21

Gaya Hidup Digital di Abad 21


Perkembangan teknologi digital dari hari ke hari selalu memperlihatkan perkembangan, hal ini ditandai dengan meningkatnya angka pengguna gadget di dunia dan Indonesia termasuk dalam pengguna teknologi digital terbanyak mengingat jumlah penduduk Indonesia dominasi kaum muda. Maka tak heran kalau cowok Indonesia zaman kini lebih up-to-date terhadap perkembangan teknologi.

Teknologi digital mempunyai peranan besar dalam kehidupan insan di periode 21, alasannya yaitu dengan kehadiran teknologi digital sanggup merubah banyak sekali sektor/bidang, contohnya kehadiran jaringan internet yang saling menghubungkan orang secara global. Dengan adanya jaringan internet, kita sanggup mengakses informasi, berkomunikasi hingga menyalurkan hobi. Kita pun seakan hidup dengan teknologi, tanpa teknologi pekerjaan kita tidak akan cepat selesai.

Salah satu efek dunia digital yaitu perkembangan sektor ekonomi. Jika dulu kita sering berbelanja di pasar ataupun mall yang menempuh jarak jauh, kini kita tak perlu lagi “capek-capek” pergi berbelanja alasannya yaitu dengan hadirnya situs jual beli online, kita pun sanggup membeli barang tanpa pergi dari rumah yang bermodalkan smartphone dan jaringan internet. Dari sistem ini sudah terperinci asumsi aku mengenai dunia digital akan semakin berkembang pesat mengingat tugas vitalnya bagi kehidupan manusia.

Selanjutnya yaitu berkembangnya teknologi komunikasi yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan sobat tanpa dibatasi jarak dan waktu, contohnya yaitu dengan hadirnya teknologi komunikasi menyerupai sms, media umum (facebook, twitter, gmail, linkedin) dan lain-lain yang memperlihatkan fasilitas bagi kita dalam berkomunikasi dengan teman. Bandingkan saja dengan zaman dahulu, orang-orang bersusah payah menuliskan surat dan mengantarkannya ke kantor pos terdekat, itupun butuh waktu berhari-hari untuk hingga ke orang yang dituju.

Sementara di zaman sekarang, kita cukup memakai fitur sms atau media umum untuk mengirimkan kabar atau berbincang dengan teman. Saya pun menganggap dengan kemunculan media umum berkomunikasi dengan orang terasa lebih gampang tanpa adanya batasan waktu dan jarak.

Dari segi informasi, bila zaman dahulu kita disuruh orang bau tanah untuk membeli koran maupun buku, alasannya yaitu pada masanya buku atau koran yaitu satu-satunya sumber informasi. Nah kalau di zaman kini hal itu mungkin sudah ditinggalkan mengingat kini kita lebih banyak memakai media elektronik untuk mencari informasi.

Media cetak menyerupai koran dan buku dianggap kalah pamor dengan media elektronik yang menyajikan kemudahan. Memang benar sih kalau media informasi gampang diperoleh melalui teknologi mesin pencari menyerupai google, bing, yahoo bahkan informasinya sama lengkapnya dengan buku, sehingga koran, buku dan media cetak lainnya mulai dilupakan. Untuk mengakses informasi, Anda cukup membeli paket internet biar sanggup browsing dan mencari informasi sepuas-puasnya.

Perkembangan dunia digital seharusnya didorong dengan pemanfaatan di dalamnya yang harus positif, jangan sesekali memakai dunia digital sebagai alat untuk melaksanakan cybercrime (kejahatan di dunia digital) menyerupai penipuan, hacker, hingga penyebaran virus ransomware yang pernah menjadi buah bibir beberapa bulan lalu. 

Setidaknya kita harus pandai memakai dunia digital dan kali ini aku akan memperlihatkan tipsnya ;
1.) Tetap menjaga moral di dunia maya
2.) Pandai menentukan informasi dan konfirmasi kebenarannya
3.) Jangan percaya terhadap informasi Hoax
4.) Jadilah diri sendiri dikala sedang memakai teknologi digital
5.) Sering-seringlah membaca informasi mengenai cybercrime supaya sanggup terhindar

Mungkin itulah tugas vital dunia digital dan internet yang menghipnotis kehidupan insan di periode 21. Andai dipakai secara bijak, niscaya teknologi digital akan mendatangkan banyak laba !!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gaya Hidup Digital Di Kurun 21"

Posting Komentar