Misteri Inovasi Artefak “Komputer Kuno” Berusia 2K Tahun

Misteri Penemuan Artefak “Komputer Kuno” Berusia 2K Tahun


Antikythera merupakan sebuah artefak kuno berbentuk roda gerigi yang berdasarkan pendapat ilmuwan merupakan cikal bakal terbentuknya komputer modern ketika ini. Dengan menggabungkan beberapa roda gigi besar dan kecil. Artefak ini dianggap sebagai koputer digital tercanggih di masanya. Namun ilmuwan belum niscaya apakah alat ini benar-benar mempunyai fungsi layaknya laptop zaman kini ???

Mungkin Anda yang hidup di zaman modern ini terkesan dimanjakan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, salah satu dari sekian teknologi yaitu komputer. Komputer mempunyai sejarah panjang dalam proses pembuatannya. Namun tahukah Anda jikalau 2000 tahun yang kemudian peradaban insan sudah menemukan alat homogen komputer ???

Benda ini pertama kali ditemukan di sebuah Pulau Antikythera, Yunani pada tahun 1901. Benda yang sekilas menyerupai kepingan roda banyak diteliti oleh ilmuwan namun belum berhasil apa fungsi bahu-membahu dari alat ini. Barulah sehabis beberapa bab ditemukan, peneliti melaksanakan penelitian kembali.



Selama berpuluh tahun diteliti, kesannya seorang profesor sejarah dari New York University, yakni Alexander Jones menyampaikan jikalau dirinya berhasil menemukan kegunaan dari alat ini. Dengan pinjaman teknologi pemindaian mirip 3D X Ray, dia mengungkapkan jikalau Antikythera dulunya yaitu alat yang dipakai untuk memilih posisi bulan, matahari, planet dan benda astronomi lainnya.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi 3D X Ray, Jones juga berhasil menerjemahkan teks Yunani kuno yang terletak di bab belakang roda, menurutnya kumpulan goresan pena Yunani ini layaknya sebuah buku panduan cara memakai Antikythera. Diketahui jikalau bulatan-bulatan yang terdapat di Antikytheradiibaratkan mirip matahari, bintang dan planet. Semenjak ketika itu , Jones dan rekannya menuliskan apa yang mereka sanggup ke dalam buku dalam edisi khusus Jurnal Almagest.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri Inovasi Artefak “Komputer Kuno” Berusia 2K Tahun"

Posting Komentar