Alasan Mengapa Kapal Sanggup Terapung Walaupun Terbuat Dari Besi !!!!

Alasan Mengapa Kapal Dapat Terapung Walaupun Terbuat dari Besi !!!!  


Mendengar kapal kita niscaya tahu bahwa alat transportasi ini sanggup memindahkan barang maupun insan dari pulau satu ke pulau lainnya. Bahkan kehadiran kapal sangat diperlukan dalam menunjang acara militer zaman dahulu sebagai pembawa barang dan manusia. Itulah sebabnya kapal masih dipakai hingga sekarang. Namun pernahkah Anda berfikir, mengapa sih kapal sanggup terapung di permukaan air padahal terbuat dari besi ?? Kita ketahui bersama kalau besi apabila dimasukkan ke dalam air akan tenggelam, mengapa hal ini tidak terjadi pada kapal ya ??

Untuk menjawab problem itu, kita harus mengetahui prinsip kondisi benda saat di air, yakni (1) tenggelam, (2) melayang, dan (3) mengapung. Peristiwa karam terjadi saat massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air.

Sementara pada kejadian melayang, massa jenis antara benda dan air yaitu sama, serta kejadian melayang terjadi saat massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air.

Dalam percobaan, sebuah besi dimasukkan ke dalam cangkir dan kesannya tenggelam. Massa jenis besi yaitu 7.900 kg/m3, sementara massa jenis air hanya 1.000 kg/m3. Dalam kasus tadi, mengapa ya kapal sanggup terapung ??? Padahal massa jenisnya sanggup berlipat ganda dari massa jenis sebatang besi ???

Jawabannya yaitu lantaran di dalam kapal tidak hanya besi saja, melainkan juga terdapat udara. Dalam penelitian terakhir menyebutkan bahwa udara mempunyai massa jenis lebih kecil dari udara ataupun besi.

Jadi, massa jenis udara < massa jenis air < massa jenis besi.

Di dalam kapal niscaya terdapat ruang-ruang, ibarat ruang tidur, ruang mandi, ruang mesin, ruang nahkoda, ruang makan, dll. Dari ruang tersebut niscaya terdapat udara yang mengisinya. Bisa dikatakan bahwa massa jenis kapal tidaklah murni dari besi saja, tetapi juga ada massa jenis udaranya.

Dari adonan massa jenis besi dan udara menghasilkan massa jenis rata-rata yang apabila dibandingkan dengan massa jenis air ternyata lebih kecil.

Kaprikornus sanggup disimpulkan mengapa kapal sanggup terapung adalah
massa jenis rata-rata (besi + udara) kapal < massa jenis air

Itulah jawabannya mengapa kapal sanggup terapung di permukaan air lantaran kapal mengandung adonan massa jenis udara dan logam. Gabungan massa jenis ini ternyata lebih kecil dari massa jenis air, sehingga kapal tidak sanggup tenggelam.

Selain kapal, ada ada juga pelampung renang yang memakai prinsip sama. Pelampung selalu mengapung walaupun diberi beban, ibarat insan lantaran massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air walaupun ditambahkan berat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Mengapa Kapal Sanggup Terapung Walaupun Terbuat Dari Besi !!!!"

Posting Komentar