Mengapa Air Dan Minyak Sulit Bersatu ??? Padahal Sama-Sama Zat Cair, Cari Tahu Jawabannya Di Sini !!!!

Mengapa Air dan Minyak Sulit Bersatu ??? Padahal Sama-Sama Zat Cair, Cari Tahu Jawabannya di Sini !!!!


Mendengar kata minyak dan air, niscaya dibenak Anda ialah kedua barang ini sulit bercampur apabila diletakkan di sebuah wadah. Minyak selalu memisahkan diri dengan air dengan berada di kepingan atas air. Bagaimana sanggup kedua zat cair ini tidak sanggup bersatu ??? Mengapa air dan minyak tidak sanggup bersatu ??

Sejatinya air merupakan senyawa kimia yang sanggup bercampur dengan zat cair apapun, namun saat dicampur minyak, air “enggan” bersatu dengan molekul minyak. Peribahasa bagaikan minyak dan air pun muncul untuk menggambarkan kondisi dua orang yang tidak pernah akur, selalu bertengkar dan selalu bermusuhan. 

Alasan mengapa air dan minyak tak mau disatukan sanggup dijawab melalui metode kimiawi. Ternyata sehabis diteliti, minyak dan air mempunyai cara yang berbeda untuk bercampur dengan zat lain. Di dalam air terdapat molekul yang mempunyai sifat polar, sementara molekul minyak bersifat non-polar. Sifat yang berbeda inilah yang menciptakan dua zat cair tidak sanggup bersatu.

Mengenal Larutan Polar

Air termasuk larutan polar yang mempunyai nama kimia H2O. Unsur H20 mempunyai jumlah elektron valensi 8 dan di kepingan inti atom Hidrogen mengandung proton, sehingga bermuatan positif. Sementara di kepingan inti atom Oksigen mengandung elektron, sehingga bermuatan positif. Makara sanggup disimpukan jikalau larutan polar mempunyai muatan positif di kepingan atom H dan negatif di kepingan atom O dalam satu molekul.

Mengenal Larutan Non-Polar

Selanjutnya ialah larutan non-polar yang sanggup ditemukan pada minyak. Hal ini lantaran minyak mempunyai atom-atom yang bersifat netral di kepingan inti atom, tidak menyerupai air yang bermuatan positif-negatif. Sehingga minyak tidak sanggup bercampur dengan air lantaran perbedaan muatan pada inti atom.

Ketika Anda hendak mencuci piring yang terdapat sisa-sisa minyak, bagaimana cara Anda membersihkan piring tersebut jikalau minyak tidak sanggup hilang oleh air saja. Jawabannya ialah dengan memakai deterjen atau sabun pencuci piring. 

Mengapa sabun/deterjen sanggup menyatukan minyak dan air ???? Hal itu lantaran di dalam sabun terdapat molekul yang mempunyai muatan berbeda di setiap sisinya. Sisi molekul pada sabun bersifat negatif dan positif, sementara sisi yang lain bermuatan netral. Itulah sebabnya mengapa mencuci memakai sabun sanggup mengangkat minyak-minyak.

Makara sanggup disimpulkan jikalau larutan polar menyerupai air mempunyai muatan positif dan negatif di kepingan inti atom, sementara larutan non-polar menyerupai minyak bermuatan netral pada inti atom serta sabun/deterjen bermuatan positif-negatif di satu sisi dan di sisi lainnya bermuatan netral, sehingga sabun sanggup menyatukan air dan minyak.

Sumber gambar : Whisper.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Air Dan Minyak Sulit Bersatu ??? Padahal Sama-Sama Zat Cair, Cari Tahu Jawabannya Di Sini !!!!"

Posting Komentar