Manfaat Ozon Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Ozon Bagi Kehidupan Manusia


Ozon merupakan salah satu dari 5 atmosfer yang melindungi Bumi dari ancaman meteor. Lapisan ini terdapat di lapisan Stratosfer dan berjarak sekitar 20 Km dari permukaan Bumi. Salah satu manfaat dari Ozon ialah bisa memantulkan sinar UV yang menjadi penyebab seseorang terkena kanker kulit. Tak hanya itu, ternyata Ozon mempunyai manfaat lagi. Lalu apa saja peranan penting ozon lainnya bagi kelangsungan hidup insan ???

Mengenal Lapisan Atmosfer Bumi

Bumi mempunyai beberapa lapisan atmosfer yang semuanya mempunyai kegunaan untuk melindungi Bumi dari ancaman meteor. Dari kelima lapisan tersebut, rupanya lapisan ke 2 dan ke 4 sering dimanfaatkan manusia. Berikut lapisan-lapisan yang menyelimuti Bumi :

1. Lapisan Troposfer
Lapisan terdekat dengan Bumi ialah lapisan Troposfer yang berjarak 15 Km. Lapisan ini sering kita sebut sebagai langit. Manfaat dari lapisan Troposfer ialah untuk mengatur perubahan cuaca, angin hingga suhu udara. Maka tak heran kalau di lapisan inilah isu terkini terbentuk, apakah isu terkini kemarau atau isu terkini penghujan. 

Dahulu kita bisa memilih isu terkini berlangsung, namun kini kita tidak sanggup menebaknya mengingat Bumi mengalami Globalisasi yang mempengaruhi iklim. Misalnya di Bulan Januari yang biasanya hujan, kini bisa saja masih isu terkini kemarau, atau adanya isu terkini pancaroba yakni isu terkini yang sanggup berubah seketika. Akibat isu terkini pancaroba, sistem daya tahan badan kita melemah dan sering sakit. Maka dari itu jagalah kesehatan Anda ketika isu terkini pancaroba datang.

2.  Lapisan Stratosfer
Lapisan di atas Troposfer ialah lapisan Stratosfer yang juga mempunyai manfaat bagi manusia. Di dalam lapisan ini terdapat lapisan lagi yang disebut lapisan Ozon yang berjarak 20 Km dari Bumi. Lapisan Stratosfer berperan besar dalam menyerap dan memantulkan radiasi matahari. Suhu di lapisan ini berkisar antara -17 ℃ hingga -57℃.

3. Lapisan Mesosfer
Lapisan ketiga dinamakan lapisan Mesosfer yang mempunyai suhu lebih rendah dari lapisan kedua, yakni mencapai – 73℃. Dengan jarak antara 50 hingga 85 Km dari Bumi, lapisan ini bisa menahan laju meteor sehingga tak akan hingga ke Bumi.

4. Termosfer
Lapisan atmosfer yang ke4 bisa kita namakan lapisan Termosfer dan berjarak antara 85-650 Km dari Bumi. Mendengar kata Termosfer, yang terbayang dari pikiran Anda tak lain ialah termos bukan ??? 

Termos merupakan alat untuk menyimpan panas dan mengapa dinamakan lapisan Termosfer sebab di lapisan ini terjadi proses ionisasi atom-atom yang menyebabkan suhu meningkat/panas bahkan hingga mencapai ratusan derajad Celsius. 

Lapisan ini juga sering dinamakan lapisan Ionosfer sebab terjadi proses ionisasi atom. Selain itu, pada lapisan ini mengandung partikel ion yang sering dimanfaatkan insan untuk memantulkan gelombang radio maupun satelit. Kita bisa mendengarkan radio, menonton televisi, internetan dan lain-lain sebab berkat adanya lapisan Ionosfer.

5. Eksosfer
Eksos berarti di luar, jadi lapisan ini berada di luar dari atmosfer Bumi. Dengan jarak sekitar 800-1000 Km dari Bumi menciptakan lapisan ini sangatlah panas. Bahkan astronot maupun satelit buatan dihentikan melewati batas lapisan Eksosfer sebab bisa berbahaya. Walaupun begitu, lapisan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, yakni sebagai pelindung pertama Bumi dari ancaman meteor. Meteor yang berada di lapisan ini akan eksklusif terbakar habis sehingga tak hingga ke Bumi.

Manfaat Ozon Bagi Kelangsungan Hidup Manusia


Salah satu manfaat dari ozon ialah untuk memantulkan sinar UV matahari 
Ozon mempunyai rumus kimia O3 ini merupakan lapisan yang sanggup menghasilkan molekul organik serta membentuk elok dalam mengoksidasi polutan. Menurut pendapat para hebat menyebutkan kalau lapisan Ozon terbentuk dari sinar UV matahari serta muatan energi listrik dalam frekuensi tinggi dan terjadi selama angin kencang petir. Lapisan ini sangat kondusif dan erat bagi kehidupan manusia. Berikut manfaat Ozon :

1. Mampu Menyerap dan Memantulkan Sinar UV

Sinar UV matahari terdiri dari sinar UV A dan UV B. Sinar ini apabila mengenai kulit insan sanggup merusak struktur sel dan jaringan, kulit terbakar yang pada hasilnya sanggup menyebabkan kanker kulit. Dengan adanya Ozon, sinar UV matahari tidak semuanya masuk, melainkan akan diserap terlebih dahulu gres dipantulkan kembali. Untuk Anda yang sering bepergian luar, jangan lupa menggunakan body lotion guna mengurangi paparan sinar UV. Selain kanker kulit, sinar UV juga sanggup merusak mata dan berujung pada penyakit katarak.

2. Pembersih Polutan Secara Cepat

Polutan ibarat asap kendaraan bermotor maupun pabrik sanggup dibersihkan secara cepat ketika memasuki lapisan Ozon. Dalam penelitian terakkhir menjelaskan bahwa proses oksidasi polutan yang dilakukan Ozon setara dengan 3000 kali proses oksidasi yang dilakukan oleh klorin.

3. Mencegah Perkembangan Bakteri pada Makanan

Ozon sangat ampuh dalam membunuh dan menghambat perkembangan basil pada makanan. Contohnya ibarat freezer yang mengandung ozon dan bisa menciptakan masakan yang dibekukan lebih awet.

4. Proses Penjernihan air

Ozon sanggup dijadikan alternatif menggantikan klorin dalam hal penjernihan air. Hal ini mengingat ozon lebih kondusif daripada klorin yang mengandung zat kimia. Proses pemanfaatan ozon untuk menjernihkan air dimulai pada tahun 1840.

5. Membunuh Mikroorganisme yang Menular Melalui Udara

Data hasil penelitian menyebutkan kalau ozon efektif membunuh mikroorganisme yang disebarkan melalui udara ibarat virus influenza. Selain itu, udara yang bereaksi dengan ozon mengandung oksigen yang cukup banyak.

Itulah manfaat dari ozon bagi kelangsungan hidup manusia. Satu hal yang pasti, tanpa adanya ozon, insan tak sanggup hidup terlalu lama. Akhir-akhir ini kita mendengar kabar imbas rumah beling yang berasal dari polutan dalam jumlah besar berpotensi mengurangi kadar lapisan ozon di atmosfer. Ozon yang semakin menipis ini memungkinkan sinar UV masuk ke Bumi dalam jumlah yang besar.

Akibatnya banyak orang-orang mengalami kulit terbakar hingga kanker kulit. Selain itu, menipisnya ozon menyebabkan es di kutub mencair dan mulai menggenangi pulau-pulau kecil. Peristiwa itulah yang dinamakan dengan imbas globalisasi.
Sumber gambar : warungkopi.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Ozon Bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar