Apa Itu Sinar Ultra Violet Dan Bahayanya ???

Apa Itu Sinar Ultra Violet Dan Bahayanya ???


merdeka.com

Pengertian dan ancaman sinar UV Sekilas mengenai sinar ini, sinar ungu atau sering disebut sinar ultra violet merupakan salah satu sinar yang dihasilkan dari matahari yang kemudian masuk ke Bumi. Kendati tidak nampak oleh mata, namun sinar UV mempunyai energi yang sanggup kita rasakan. Misalnya dikala berada di luar lingkungan matahari sempurna di tengah-tengah, apa yang akan Anda resakan ??? Pasti rasa panas dan terbakarlah yang ada. Dari pola tersebut sanggup dibuktikan kalau sinar UV tidak sanggup dilihat namun sanggup dirasakan.

Selain berasal dari matahari, ternyata sinar UV juga direfleksikan melalui benda tertentu, menyerupai air, cermin, pasir sampai benda dengan permukaan cerah lainnya. Sinar ini sering dipakai dalam mengionisasi atom-atom di sekitar lapisan atmosper dikarenakan mempunyai energi panas. Di atmosper inilah hampir sebagian besar sinar UV diserap atau dipantulkan kembali, sehingga Bumi pun tidak terlalu banyak terkena paparan salah satu jenis radiasi ini. 

merdeka.com

Jenis-Jenis Sinar UV


Sejatinya sinar UV tergolong menjadi 3, yakni :

1.) Sinar UV -A

Merupakan jenis sinar UV yang terbanyak dalam mengakibatkan radiasi sebesar 94,5%. Dampak yang terjadi apabila insan terkena paparan sinar UV -A yaitu merusak kulit dan merusak sel-sel di dalamnya. Penelitian menunjukkan, sinar UV -A berpotensi merusak lapisan kulit dan pecahan di bawahnya.

2.) Sinar UV -B 

Merupakan jenis lain dari sinar UV yang ternyata juga sanggup merusak lapisan kulit namun tanpa merusak sel-sel di dalamnya. Sinar ini hanya muncul pada jam tertentu, contohnya jam 10 pagi sampai jam 14.00 dengan intensitas tertinggi. Kaprikornus untuk Anda yang ingin keluar rumah di jam tersebut, jangan lupa menggunakan pakaian tertutup semua serta gunakan sunblock untuk memantulkan cahaya matahari.

3.) Sinar UV -C

Sinar ini mempunyai radiasi terkuat dibandingkan dengan kedua sinar UV lainnya. Bahkan dampak yang didapat pun mengakibatkan tanda-tanda awal dari kanker kulit. Namun pada umumnya, jenis sinar UV yang masuk ke Bumi sudah diserap terlebih dahulu oleh atmosper. 

sainsforhuman.blogspot.com

Dari ketiga jenis sinar UV tersebut ternyata sangat berbahaya bagi badan apabila terkena paparan sinar selama waktu yang cukup lama. Baik itu sinar UV -2, UV -B, maupun UV -C ternyata bisa mengakibatkan tanda-tanda maupun penyakit berikut ini :

A.) kulit terlihat kering dan kusam (kerusakan kulit)


Banyak dari radiasi sinar matahari menyerupai sinar UV -A ternyata bisa merusak kulit berserta sel-sel. Akibatnya, banyak orang yang mencicipi kulitnya merasa kering dan kusam. Ternyata hal itu dikarenakan dampak sinar UV -A. Selain mengalami kerusakan, kulit juga kehilangan kelenturannya apabila berkontak dengan sinar UV dalam waktu lama.

B.) Menimbulkan kanker kulit

Ketika Anda terlalu usang terpapar sinar UV, maka mulai khawatirlah mengingat dari sinar UV inilah muncul sel-sel kanker kulit. sinar yang mengakibatkan kanker kulit yaitu sinar dengan intensitas gelombang tertinggi, yakni berkisar jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Sel-sel kulit akan bereaksi dengan sinar UV di waktu tersebut, menyerupai rusaknya DNA sel.

C.) Menyebabkan penyakit katarak

Katarak merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada mata di mana kondisi mata terhalangi oleh selaput yang menciptakan penglihatan kabur atau berkabut. Untuk mencegah penyakit ini, gunakan kacamata hitam atau topi di bawah teriknya matahari untuk mencegah radiasi dari sinar UV masuk ke mata.

D.) Kulit merasa terbakar

Salah satu jenis sinar UV yang tidak bisa dilihat namun sanggup dirasakan energi panasnya. Ketika Anda dituntut untuk melaksanakan pekerjaan di luar dan sering mencicipi rasa terbakar pada kulit, mulai kini gunakan sun block untuk mengurangi paparan radiasi, atau bisa juga dengan menggunakan pakaian yang menutupi tubuh.

E.) Muncul tanda kemerahan pada kulit

Bahaya sinar UV terakhir yaitu munculnya tanda kemerahan pada kulit. Sinar UV -B sanggup mengakibatkan iritasi kulit yang sanggup mengakibatkan warna merah di area kulit yang terkena sinar UV -B. Gejala awalnya ditandai dengan rasa gatal di sekitar kulit yang memerah.

Itulah gosip mengenai sinar ungu yang cukup berbahaya apabila bersentuhan eksklusif dengan kulit dalam waktu lama. Gunakanlah kacamata hitam, topi sampai pakaian tertutup kala beraktivitas di luar lingkungan alasannya yaitu ancaman terbesar yang ditimbulkan dari sinar UV yaitu terkena kanker kulit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Sinar Ultra Violet Dan Bahayanya ???"

Posting Komentar