Mengapa Balon Sanggup Terbang Ke Langit Ya ??? Ternyata Jawabannya Sederhana !!!

Mengapa Balon Dapat Terbang ke Langit Ya ??? Ternyata Jawabannya Sederhana !!!


Balon yakni homogen mainan sederhana yang terbuat dari getah pohon karet. Oleh lantaran itu balon sanggup membesar apabila ditiup oleh kita. Apabila Anda lelah meniup balon, hening masih ada pompa atau karbit yang bisa mengisi udara. Akan tetapi, balon yang diisi udara oleh karbit ternyata sanggup terbang. Pernahkah Anda melihat balon yang terbang ke atas ??? Mengapa hal itu bisa terjadi ?? 

Alasan Balon Dapat Terbang

Anak-anak sangat menyukai salah satu mainan sederhana ini, yakni balon-balon. Balon sudah tidak absurd di indera pendengaran kita mengingat benda yang satu ini sudah ada semenjak zaman kolonial Belanda. Dengan harganya yang murah, benda ini seIalu digunakan di program pesta, ulang tahun, tahun gres dan perayaan besar lainnya. Itulah mengapa balon gampang didapat. Namun kali ini kita tidak membahas perihal sejarah balon, melainkan cara kerja balon yang apabila diisi udara oleh karbit dan dilepas ternyata sanggup terbang ke langit. Mengapa balon sanggup terbang ke langit ya ??

Balon yang diisi dengan udara oleh pompa atau gabungan karbit + air akan membuat udara yang hangat. Udara hangat tadi kemudian mengisi balon tersebut. 

Nah, udara hangat mempunyai nilai massa jenis yang lebih kecil daripada massa jenis udara normal. Dalam ilmu fisika, massa jenis yang lebih ringan akan bergerak ke atas, apabila nilainya sama tidak akan terjadi apa-apa dan apabila massa jenis lebih besar akan berada di bawah.

Massa jenis udara hangat lebih kecil daripada massa jenis udara normal

Itulah sebabnya balon-balon yang diisi pompa atau karbit sanggup terbang ke angkasa. Akan tetapi dikala kita meniup balon dan melepasnya mengapa tidak terbang ya ?? Jawabannya yakni udara yang kita tiup yakni udara normal yang mempunyai massa jenis sama.

Kehadiran balon sendiri sudah ada semenjak masa ke 18 yang terbuat dari getah, kemudian tak usang berselang seorang ilmuwan berhasil membuat karya balon udara yang bisa dinaiki insan dengan memanfaatkan perbedaan massa jenis. Balon udara ini pernah digunakan sebagai alat tranportasi maupun acara perang.


Prinsip kerja balon udara hampir seolah-olah dengan balon tiup, yakni dengan mengisi udara bersuhu hangat ke dalam balon. Menyalakan api di belahan dalam balon ternyata bermanfaat untuk menghasilkan udara hangat sehingga massa jenis udara menjadi lebih kecil daripada massa jenis normal. Akibatnya balon udara sanggup terbang. 

Anda yang pernah mencicipi naik balon udara pastinya mempunyai pengalaman seru melihat pemandangan dari ketinggian kan,,. Lalu bagaimana cara kita untuk menurunkan balon udara tadi ??? Caranya mudah, cukup kurangi api atau matikan saja, nanti udara normal yang akan mengisi balon udara, usang kelamaan massa jenis udara di dalam balon akan kembali normal dan balon pun sanggup mendarat kembali. Namun perlu perhitungan matang dikala mengecilkan api lantaran bisa saja balon udara jatuh ke tanah.

Itulah balasan sederhana mengenai balon udara sanggup terbang ke angkasa. Ternyata ilmu fisika sangat berkhasiat bagi kehidupan yah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Balon Sanggup Terbang Ke Langit Ya ??? Ternyata Jawabannya Sederhana !!!"

Posting Komentar